Minggu, 02 Oktober 2016

Grafik Komputer dan Pengelolahan Citra

Kata Pengantar

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatNya artikel ini dapat diselesaikan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Aviarini Indrati selaku dosen Grafik Komputer dan Pengolahan citra . Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas dalam mata kuliah ini. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca, demi penyempurnaa selanjutnya . Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.



Grafik Komputer

Grafika komputer (bahasa inggris : computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola(pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

Penerapan grafik komputer telah digunakan dalam banyak bidang, antaralain :

1. Bidang Kesehatan

Di jaman komputerisasi seperti saat ini, penggunaan computer tidak melulu berhubungan dengan pengolahan data konvensional ataupun berupa angka angka saja, dalam bidang kesehatan banyak sekali di gunakan system komputerisasi yang menggunakan grafik komputer dan pengolahan citra, misalnya pada mesin USG. Contoh lainnya adalah penggunaan sinar X (foto Rontgen) merupakan salah satu dari pemanfaatan pengolahan citra dalam bidang kedokteran. Sinar X sangatlah membantu dokter untuk mendiagnosa suatu penyakit.



2. Bidang Seni 

Dalam bidang seni misalnya pembuatan sebuah film dan aplikasi pengeditan foto. Contohnya : Corel Draw, Photoshop, Photoscape, dll.

3. Bidang Perancangan

Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan, desain kendaraan dan lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti autocad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

dan masih banyak lagi.




Pengelolahan Citra

Secara harafiah , citra (image) adalah gambar pada bidang dwimatra (dua dimensi). Ditinjau dari sudut pandang matematis, citra merupakan fungsi menerus (continue) dari intensitas cahaya pada bidang dwimatra. Sumber cahaya menerangi objek, objek memantulkan kembali sebagian dari berkas cahaya tersebut.Pantulan cahaya ini ditangkap oleh oleh alat -alat optik, misalnya mata pada manusia, kamera, pemindai (scanner ), dan sebagainya, sehingga bayangan objek yang disebut citra tersebut terekam.

Pengelolahan citra berarti kegiatan memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia/mesin(komputer).Inputannya adalah citra dan keluarannya juga citra tapi dengan kualitas lebih baik daripada citra masukan.
Misal citra warnanya kurang tajam, kabur (blurring), mengandung noise (misal bintik- bintik putih), dll sehingga perlu ada pemrosesan untuk memperbaiki citra karena citra tersebutmenjadi sulit diinterpretasikan karena informasi yang disampaikan menjadi berkurang.

Pengelolahan citra juga dapat dimanfaatkan dalam bidang-bidang berikut :

1. Bidang Hiburan

Diantaranya adalah animasi, yang merupakan salah satu penerapan ilmu dari grafika komputer untuk bidang hiburan, selain itu games juga turut andil dalam penerapan ilmu grafika komputer ini, dimana sebah game yang mempunyai karakter, bentuk permainan dan effect yang ada pada game tersebut yakni menerapkan ilu grafika komputer.

2. Bidang Pendidikan

Di bidang pendidikan sendiri, dimana grafika komputer sangat dibutuhkan sekali dalam penerapannya dibidang ini. Misalnya saja jika seorang dosen atau mahasiswa yang ingin mempresentasikan sebuah data dalam bentuk grafik atau sebuah diagram dalam presentasinya tersebut. Dan biasanya mereka menggunakan aplikasi khusus seperti microsoft powerpoint dalam membantu presentasi mereka dalam menyajikan data berbentuk grafik atau diagram tadi. Nahcontoh diatas merupakan salah satu contoh penerapan dari grafika komputer didunia pendidikan. Dan masih banyak lagi penerapan grafika komputer yang diterapkan dalam dunia pendidikan.

3. Bidang Fotografi

Bagi anda pecinta dunia fotografi, tentu anda sudah hapal akan aplikasi pembantu dalam pengeditan sebuat foto bidikan anda. Aplikasi yang anda gunakan dalam proses pengeditan tersebut juga menerapkan ilmu dari grafika komputer. Bagaimana sebuah algoritma dalam pembuatan sebuah garis, polygon, atau objek 2 dimensi lainya diciptakan pada paket software pengeditan tersebut. Konsep yang ada pada paket software tersebut merupakan penerapan dari ilmu grafika komputer tadi.

dan masih banyak lagi penerapan pengelolahan citra di kehidupan sehari-hari yang dapat kita temui.

Demikian artikel pengelolahan grafik komputer dan pengelolahan citra yang saya buat. Semoga pembaca mendapatkan manfaat dari tulisan ini. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan.Sekian dan Terimakasih.








Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar