Rabu, 04 November 2015

Teori Organisasi Umum 2 - UKM









DAFTAR KELOMPOK 



Ketua:    Ario Prasetio (11114633) 

Anggota: Afrida Damayanti (10114416) 
              Andhika Dwisakti Nugraha (11114023) 
              Andhika Lesmana (11114024) 
              Annissa Intan Safira (11114413) 
              Arinta Susanti (11114627) 
              Fahruriza Ramansyah (1C114723) 
              Fandy Ahmad (13114911) 
              Fathurrahman F (14114090) 
              Febry Ramadhan (14114124) 
              Irly Y (15114457) 
              Riyan Pradana (19114562) 
              Vini Oktaviani Putri (1C114072) 



KATA PENGANTAR 

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatnya , maka kami dapat menyelesaikan makalah ini tentang Usaha Kecil Menengah (UKM) .

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas perkuliahan Teori Organisasi Umum . Selain hal itu, makalah ini dibuat sebagai suatu kajian terhadap salah satu usaha yang ada saat ini sehingga dapat dijadikan referensi bagi para pembacanya.

Rasa terima kasih yang sedalam – dalamnya kami ucapkan kepada semua pihak baik secara langsung maupun tidak langsung yang turut membantu agar terselesaikan masalah ini.

Kami menyadari bahwa penulisan makalah ini masih terdapat kekurangan karena keterbatasan kemampuan yang kami miliki. Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membantu demi sempurnanya makalah ini. Akhir kata, kami mengharapkan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.



DAFTAR ISI 



BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

1.2 Rumusan Masalah

1.3 Tujuan



BAB II PENDEFINISIAN

2.1 Definisi UKM

2.2 Kriteria UKM

2.3 Jenis Jenis UKM



BAB III PEMBAHASAN

3.1 Biografi

3.2 Sejarah

3.3 Hasil Wawancara

3.4 Hasil Kunjungan



BAB IV PENUTUP

4.1 Kesimpulan

4.2 Saran





BAB I 

PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang

Manajemen merupakan sebuah seni, seni dalam membentuk, mengatur sebuah organisasi baik organisasi yang bertujuan mencari keuntungan, maupun tidak. Untuk itu UKM (Usaha Kecil Menengah) juga memerlukan manajemen didalamnya, walaupun tidak terlalu signifikan kebutuhannya dibanding dengan perusahaan-perusahaan besar. Karena kesuksesan dalam perusahaan sangat tergantung dari bagaimana cara perusahaan tersebut memanage nya.

Pada penulisan ini kita akan membahas UKM Kuliner milik Ario Prasetio, usaha ini sudah ia jalanin selama kurang lebih tiga bulan.



1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa makalah ini akan membahas UKM, baik dari pengertian hingga contoh usahany. Berikut ringkasan masalah yang akan di bahas pada penulisan ini:

1. Pengertian UKM

2. Tata cara pengelolaan UKM

3. Keuntungan dan pendapatan UKM



1.3 Tujuan

1. Untuk memenuhi tugas softskill.

2. Untuk mengetahui bagaimana cara memanajemen sebuah usaha.

3. Untuk mengetahui tata kerja pada sebuah UKM.







BAB II 

PENDEFINISIAN



2.1 Definisi UKM

Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”

2.2 Kriteria UKM

Kriteria usaha kecil menurut UU No. 9 tahun 1995 adalah sebagai berikut :

1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

2. Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (Satu Miliar Rupiah).

3. Milik Warga Negara Indonesia.

4. Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang tidak dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar.

5. Berbentuk usaha orang perorangan , badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi.



2.3 Jenis - Jenis UKM

Dalam perspektif perkembangannya, UKM dapat diklasifikasikan menjadi 4 (empat) kelompok yaitu:

1. Livelihood Activities, merupakan UKM yang digunakan sebagai kesempatan kerja untuk mencari nafkah, yang lebih umum dikenal sebagai sektor informal. Contohnya adalah pedagang kaki lima.

2. Micro Enterprise, merupakan UKM yang memiliki sifat pengrajin tetapi belum memiliki sifat kewirausahaan.

3. Small Dynamic Enterprise, merupakan UKM yang telah memiliki jiwa kewirausahaan dan mampu menerima pekerjaan subkontrak dan ekspor4. Fast Moving Enterprise, merupakam UKM yang telah memiliki jiwa kewirausahaan dan akan melakukan transformasi menjadi Usaha Besar (UB)



BAB III 

PEMBAHASAN



3.1 Biografi



Nama pemilik: Ario Prasetio & Adha Kemal Mahendra

Umur : 19 tahun

Alamat :

Tahun Berdiri: 2015

Nama Toko : Cilor brother



3.2 Sejarah

Sebelum berdirinya usaha kecil ini, awalnya hanya karena iseng jajan

Sewaktu berada di Bandung, pada waktu itu saat pertama kali ia melihat ada cilor dan memiliki prospek yang bagus ia langsung menelfon temanya yang di Jakarta yang bernama adha, pada waktu itu memang di Jakarta selatan belum ada dan walaupun ada rasanya tidak seenak yang ada di sini. Bermodalkan nekat dan tekad kuat untuk menjadi pengusaha, mereka berdua sama sama mengeluarkan uang cukup banyak untuk modal usaha, dimulai dari gerobak sampai kompor. Melalui banyak riset dan banyak percobaan untuk membuat aci yang pas, walaupun sering mendapat kegagalan dan adonan yang tidak jadi namun mereka tidak menyerah, mereka tetap mencoba sampai akhirnya mereka menemukan racikan yang pas dan menurut mereka, dan pada akhirnya 3 bulan yang lalu, tepatnya 3 juli 2015 mereka membuka usaha mereka, tanpa berbekal ilmu menjalani ukm dan penuh keresahan mereka berusaha bergelut di dunia bisnis kecil ini, dan pada akhirnya, tanpa disangka sangka jajanan yang mereka jual habis hari demi harinya, dan akhirnya mereka mulai membuka cabang, dan sekarang sudah mencapai cabang ke 4



3.3 Hasil Wawancara

PRODUK PRODUK YANG DIHASILKAN

Produk produk yang dihasilkan usaha ini yaitu

-cilor (aci + telor)

-macaroni + telor



PORSI PENJUALAN

Dalam sehari, usaha dari Ario dan Adha ini bisa menjual produk sekitar 10 liter aci dan 10 liter macaroni

Jika ada order selain individu, mereka bisa menjual masing masing 15 liter



Harga Jual

Range harga jajanan yang mereka jual dari mulai Rp 2000,- dan maksimalnya tergantung dari pesanan



Pemasaran

Pemasaran yang dilakukan hanya dengan mulut ke mulut



Cara Jual

Datang secara individu atau melakukan pesanan besar



Modal Usaha

Rp 5.000.000,-



Penghasilan

Adha dan Ario kira kira dapat menghasilkan bersih Rp 150.000 dari satu gerobak

dan kira kira total keseluruhanya mereka bisa mendapat Rp 13.500.000 setiap

bulanya dari keseluruhan cabang yang mereka punya

Gaji Karyawan

Karyawan tetap diberi gaji Rp 1.500.000 setiap bulanya, dengan lama bekerja dalam sehari kurang lebih 3 sampai 4 jam



3.4 Hasil Kunjungan




BAB IV 

PENUTUP



4.1 Kesimpulan

Dari hasil kunjungan kami ke CILOR BROTHER ini kami mengetahui bahwa mereka menjual makanan makanan pasar yang diracik dengan bumbu baru dan memakai bahan baku yang sehat. Di tempat ini kisaran harga jajanan yang di jual adalah dari mulai Rp 2.000,- dan batas maksimalnya adalah tergantung konsumen, Cilor Brother dapat menghasilkan laba bersih sebulanya Rp 13.500.000



4.2 Saran

Saran dari kami sekelompok adalah baiknya Cilor Brother membuat tempat yang lebih nyaman dan tidak terlalu terbuka agar bisa selalu menjaga kualitas jajanan yang diberikan, dan kalo bisa dapat memberikan menu baru dan inovasi inovasi lainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar